Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon

Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon Ac - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses pemvacuman Ac dan proses bagaimana melaksanakan pengisian freon Ac, namun ada baiknya anda membaca artikel kami sebelumnya mengenai "Bagian Komponen Ac split" semoga anda semakin mengerti, sebetulnya untuk proses dan pengisian freon tidaklah terlalu sulit, asalkan terlebih dahulu anda mempelajari dan mengetahui bab komponen Ac secara keseluruhan.
Proses vacum Ac membutuhkan kesabaran, mengingat proses vacum yang dilakukan memerlukan waktu yang tidak sebentar, paling tidak akan membutuhkan waktu agak usang dari pada pemasangan Ac tanpa proses vacum, anggap saja anda membutuhkan waktu 30 menit lebih usang dari pemasangan ac biasa yang pemasangannya tanpa melaksanakan pemvacuman, tidak mengecewakan usang kan :), walaupun waktu pengerjaan lebih lama, namun pada proses pemasangan Ac dengan melaksanakan pemvacuman sanggup dikatakan merupakan mekanisme pemasangan paling sempurna, tentunya akan mendapat hasil kerja yang lebih baik pula.
Baca juga : Cara Membersihkan Filter Ac Sendiri
Lntas bagaimana proses pengerjaanya, simak klarifikasi berikut ini :
- Pasang selang MPG ( Manipol Pressure Gauge) biasa di sebut dengan nama meter gas, pasang selang ke kompresor dengan selang warna biru ke SUC (tekanan rendah) dan warna merah ke DIS (tekanan tinggi).
- Hidupkan atau coba sistem Ac, perhatikan tekanan pada MPG. Tekanan standar pada high pressure menandakan : 15 - 17 kg/cm2 dan low pressure 1 1/2 - 2 kg/cm2, apabila tekanan kurang dari ukuran itumaka matikan system Ac dan lanjutkan pada langkah pemvacuman.
- Lepas selang kuning untuk pembuangan sisa refrizregrant pada sistem dan buka kedua keran warna biru dan merah secara perlahan,mengapa harus perlahan? alasannya yaitu untuk mencegah oli keluar dari kompresor, sesudah habis terbuang semua maka tutup kembali kedua keran tadi.
- Pasang selang warna kuning pada tabung refrizregrant, tabung gas harus dalam keadaan tertutup, lakukan proses pemvacuman dengan menghidupkan mesin vacum, buka semua keran (3 keran), waktu vacum bervariasi, ada yang 10 menit dan 20 menit, makin usang makin baik, terutaman untuk freon jenis R32.
- Tutup semua keran pada MPG dan matikan mesin vacum,tunggu hingga beberapa dikala untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada sistem, untuk mengetahui ada kebocoran atau tidaknya anda sanggup melihat jarum pada MPG, jikalau jarum bergerak dan cenderung naik, maka ini mendandakan ada kebocoran, namun jikalau stabil dan jarum tidak naik, maka sudah tidak ada kebocoran pada sistem, jikalau jarum stabil maka anda sanggup menghidupkan kembali mesin vacum untuk melaksanakan pemvacuman kembali, ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem benar benar higienis dan sudah tidak ada lagi angin di dalam sistem.
- Langkah berikutnya yaitu proses pengisian freon, lakukanlah pengsisian freon secara perlahan, jangan terburu buru, isi penuh freon dengan tetap memperhatikan ampere kompresor, sesuaikan tekanan freon dengan ampere kompresor.
- Setelah proses pengisian freon selesai, lanjutkan dengan melepaskan selang dari kompresor dan tabung freon, tutup pentil dengan baik dan pastikan sekali lagi bahwa tidak ada kebocoran pada sistem, menyerupai kebocoran pada neuple maupun tutup pentil.
Sumber artikel : dari aneka macam sumber
Sumber gambar : http://alatberat1985.blogspot.co.id
Komentar
Posting Komentar